Puluhan Wartawan di Maluku Utara Ikut Uji Kompetensi Wartawan

Puluhan wartawan di Maluku Utara saat mengikuti UKW, Jumat (18/8/2023). (Foto: Faisal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) difasilitasi Dewan Pers menggelar uji kompetensi wartawan atau UKW di Provinsi Maluku Utara.

UKW ini diikuti oleh 41 wartawan yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Malut dan dibuka oleh Ketua Dewan Pers Dr, di Hotel Sahid Bella Ternate, Jumat (18/8/2023). Mereka akan diuji selama dua hari dimulai 18 - 19 Agustus 2023. Sebelumnya, wartawan mengikut pra UKW yang dilakukan secara daring.

"Peserta UKW ini ada 41 orang, hanya saja ada 1 peserta yang tidak hadir alasannya orang tuanya sakit," jelas admin UKW dari PWI Pusat, Yanto kepada malutpost.id.

Ketua Dewan Pers Dr. Ninik Rahayu menyampaikan, keterbukaan jurnalis saat ini justru dimanfaatkan oleh oknum tertentu  yang mengaku sebagai wartawan.

Tak hanya itu, mereka yang mengaku wartawan ini menjadikan profesi ini sebagai jembatan untuk kepentingan pribadi saja.

"Untuk itu dengan kegiatan UKW ini penting karena argumentasinya untuk menjadi profesi wartawan yang sesuai undang-undang pers," kata Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Riri dari Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) Riri, menyebut ada empat penguji LPDS yakni Lahyanto Nadie dari media Bisnis Indonesia, Kennorton Hutasoit dari Metro TV, Jufri Alkatiri dari SCTV dan Zainal Aripin dari Radar Bekasi.

Sementara untuk penguji dari PWI yakni, Supratno menguji jenjang madya, Mahmud Sohaermono penguji muda I dan Eko Pamuji penguji muda II.

"Kalau peserta yang ikut jenjang utama tidak ada," ujar Riri mengakhiri. (k-01)

Komentar

Loading...