Masuk DCS, Satu Bacaleg Kota Ternate dari Partai PSI Undur Diri

Divisi Tehnik Penyelenggara KPU Kota Ternate. Kuad Suwarno

Ternate, malutpost.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara mengatakan satu bakal calon legislatif mengajukan pengunduran diri dari kompetisi Pileg 2024 mendatang.

Divisi Tehnik Penyelenggara KPU Kota Ternate, Kuad Suwarno, mengatakan pengumuman daftar calon sementara (DCS) sampai tanggal 23 Agustus 2023 besok. Dalam proses tersebut, terdapat salah satu calon dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan resmi mengundurkan diri.

"Yang bersangkutan menyampaikan langsung ke KPU pada Senin kemarin. Kita menerima secara resmi surat pengunduran diri itu," kata Kuad saat dikonfirmasi malutpost.id, Selasa (22/8/2023).

Kuad menuturkan, bakal melakukan pemanggilan terhadap caleg dapil 4 itu untuk diklarifikasi, terkait alasan mengajukan surat pengunduran diri tersebut.

"Nanti setelah tanggapan masyarakat, KPU nanti menyampaikan ke partai politik untuk mengajukan kembali pengganti bakal calon tersebut," ujarnya.

Kemudian, lanjut Kuad, bahwa nanti tanggal 14 sampai 20 September 2023 pihaknya menyampaikan ke parpol untuk mengajukan calon pengganti DCS. Baru kemudian pada tanggal 21 September dilakukan verifikasi terhadap caleg yang bernama Dwi  Ashalupi Faradila itu.

Kuad menambahkan, caleg tersebut sebenarnya telah mengundurkan diri pada tanggal 15 Agustus 2023 lalu. Hanya saja menurut Kuad, dari pihak partai tidak melanjutkan surat itu ke KPU.

"Dari tanggal 15 Agustus 2023 cuma kayanya dari partai tidak melanjutkan surat itu," jelas dia.

"Lusa tanggal 24 kami panggil dia dan partai politik," tambah Kuad mengakhiri. (mg-12)

Komentar

Loading...