Ramai-ramai Pejabat di Kabupaten Pulau Taliabu Diperiksa Pekan Depan

Kabidhumas Polda Maluku Utara Kombes (Pol). Michael Irwan Thamsil.

Ternate, malutpost.id -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) terus mendalami proyek di Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2020 - 2022 yang diduga menggunakan asuransi fiktif.

Rencananya, penyidik akan memintai keterangan sejumlah kepala dinas di Taliabu pada Rabu (30/8/2023) pekan depan.

“Hari ini kita layangkan undangan untuk permintaan klarifikasi oleh tim penyelidik,” kata Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil, Kamis (24/8/2023).

Pejabat yang dipanggil adalah mereka yang menjadi pejabat pembuat komitmen (PPK) yang mengangani langsung proyek di antarnaya, Dinas PUPR Pulau Taliabu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendapatan (Dispen) dan Dinas PPKP Taliabu.

Menurut Michael, panggilan tersebut adalah panggilan kedua, karena panggilan pertama tidak hadir.

"Ini panggilan kedua, kalau yang undangan pertama yang hadir hanya Kadis PUPR, tetapi yang bersangkutan datang tidak membawa dokumen sehingga panggilan kedua ini diharapkan untuk datang membawa sejumlah dokumen yang dibutuhkan tim penyelidik," tegas dia.

Untuk diketahui, puluhan proyek yang diduga menggunakan asuransi fiktif tersebut, beberapa diantaranya adalah pembukaan jalan desa Talo yang dikerjakan oleh CV. Regan Pratama dan pembukaan jalan baru Lede - Nggele yang dikerjakan oleh CV. Tri Sakti di tahun 2020.
Sementara untuk proyek di tahun 2022 adalah normalisasi sungai ratahaya yang dikerjakan oleh CV. Regan Pratama dan pembangunan gorong-gorong Kecamatan Taliabu Barat yang dikerjakan oleh CV. Dwi Taira Pratama dan proyek pekerjaan MCK desa Pancado yang dikerjakan oleh CV. Doku Oha. (wm-02)

Komentar

Loading...