Datangi DPRD, Pengurus KONI Kota Ternate Desak Akomodir Dana Hiba Rp1,4 Miliar

Sejumlah pengurus KONI Kota Ternate saat berada di halaman kantor DPRD Kota Ternate, Kamis (31/8/2023) malam.

Ternate, malutpost.id -- Sejumlah pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Ternate, Maluku Utara, mendatangi DPRD Kota Ternate yang tengah membahas APBD Perubahan 2023 dengan Pemkot Ternate.

Mereka mendesak, Banggar DPRD mengakomodir dana hibah KONI 2023 sebesar Rp1,4 miliar.

"Kedatangan kita dalam rangka untuk memastikan anggaran hiba KONI tahun 2023, karena kita ketahui di induk 2023 APBD itu anggaran hiba KONI nol (tidak ada)," kata Ketua KONI Kota Ternate, M Gifari Bopeng, kepada malutpost.id, Kamis (31/8/2023) malam.

Dia menegaskan, pengurus KONI akan tetap berupaya sebisa mungkin agar dana hibah tersebut bisa diakomodir dalam APBD perubahan.

"Karena memang proses tahapan kita sudah lalui dari usulan sampai di TAPD, itu kita sudah lewati dan alhamdulillah dari Rp 2,8 diakomodir Rp1,4 miliar," tutur Gifari.

"Tiba-tiba dalam proses rapat anggaran, anggaran 1,4 itu dihilangkan oleh badan anggaran (Banggar) di DPRD," kata Gifari.

Gifari berujar, pihaknya juga meminta klarifikasi DPRD tidak menyetujui dana tersebut melalui anggaran perubahan. Sebab, menurut Gifari, alokasi biaya olahraga telah diatur dalam undang-undang dan harus dianggarkan.

"Kalau tidak dianggarkan berarti baru pernah terjadi. Sampai detik ini kami tetap berjuang untuk mengembalikan anggaran itu, untuk masuk kedalam batang tubuh RABPD tahun 2023," kata Gifari.

Amatan malutpost.id, hingga pukul 22.48 WIT sejumlah pengurus KONI masih berada di kantor DPRD Kota Ternate. Mereka mengatakan tidak akan meninggalkan kantor hingga ada kepastian. (mg-12)

Komentar

Loading...