Kejari Halbar Musnahkan Barang Bukti Puluhan Sachet Ganja dan Tembakau Gayo

Pemusnahan barang bukti

Jailolo, malutpost.id -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Barat, Maluku Utara, melakukan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum (Pidum), Senin (4/9/2023).

Pemusnahan barang bukti tersebut berlangsung di halaman kantor Kejari Halbar sekira pukul 9.00 WIT.

Ketua panitia pemusnahan barang bukti, Usman menyampaikan, barang bukti yang dimusnahkan ini adalah merupakan barang bukti perkara tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah yang diperoleh pada tahun 2022 - 2023.

Barang bukti yang dimusnahkan ini yakni narkotika golongan satu jenis ganja sebanyak 21 sachet kecil dan 1 sachet sedang tembakau jenis gayo.

"Adapun metode pemusnahan yang kami lakukan untuk barang bukti berupa narkotika golongan satu jenis ganja dan tembakau jenis gayo itu dimasukan kedalam blender yang berisi cairan pembersih lantai," kata Usman.

Kasi BB Kejari Halbar ini menambahkan, untuk barang bukti berupa handphone atau HP dihancurkan menggunakan martel. "Dan barang bukti berupa pakaian itu dibakar," tambahnya.

Kajari Halbar Kusuma Jaya Bulo menjelaskan, barang bukti yang dimusnahkan ini adalah kerja sama antara Kepolisian Halbar dan Kejari Halbar.

"Jangan dilihat barang buktinya, tapi dilihat bahwa ada narkoba di Halbar. Perkara narkoba itu harus dibasmi," tegasnya.

Dia menyebut, pemerintah melalui kepolisian baru-baru ini telah membuat kampung narkoba di seluruh wilayah Indonesia. "Inilah program pemerintah melalui kepolisian supaya tindak pidana narkoba ini minimal dikurangi, karena narkoba merusak generasi muda. Bahkan saya dengar juga ada banyak pejabat yang kena kasus narkoba," terangnya.

"Barang bukti yang dimusnahkan ini memang sudah sesuai dengan aturan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkrah sehingga harus segera dieksekusi," tambah dia.

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya, Kasat Narkoba Polres Halbar IPDA M Hasba, Kapolsek Jailolo IPTU Karmawan dan mewakili Kalapas Jailolo Kepala Kesatuan Pengamanan Rapik Teapong. (k-01)

Komentar

Loading...