80 Perahu Semang Bakal Atraksi di Festival Tanjung Waka

Perhelatan FTW sebelumnya. (Foto: Opan Zaki/Genpi Malut)

Sanana, malutpost.id -- Perhelatan Festival Tanjung Waka (FTW) di Desa Fatkauyon, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, pada Oktober mendatang bakal menampilkan pertunjukan budaya maritim berupa atraksi puluhan perahu nelayan tradisional.

Para nelayan lokal ini akan menampilkan atraksi menangkap ikan dengan cara tradisional menggunakan perahu semang yang secara turun-temurun dipraktekan masyarakat pesisir.

“Tampilan dan desain untuk FTW kali ini akan dibuat berbeda dari sebelumnya,”ungkap Sekretaris Daerah Kepulauan Sula, Muchlis Soamole, Senin (11/9/2023).

Dia menjelaskan, tampilan baru pada FTW kali ini berdasarkan hasil analisa panitia dengan event organizer (EO) terhadap pelaksanaan FTW tahun sebelumnya.

"Karena festival eco event ini menurut EO merupakan salah satu event yang dilaksanakan di Indonesia dengan corak yang berbeda," kata Muchlis.

Dia menambahkan, ada 80 perahu semang dari seluruh desa di Kepulauan Sula menghiasi laut sekitar lokasi FTW.

"Nanti di atraksi ada salah satu kearifan lokal nelayan Kepulauan Sula dalam hal tangkapan ikan, maka mau tidak mau yang ditunjukan itu perahu semang untuk pertujukan atraksi," pungkas Muchlis.(mg-01)

Komentar

Loading...