Kerja Lambat Inspektorat Kota Ternate Soal Audit Kasus Perumda Disoroti

Ferial Alwi (Foto. Ridwan/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Progres audit pendapatan dan perjalanan dinas direksi Perumda Ake Gaale oleh Inspektorat Kota Ternate dinilai lambat oleh praktisi hukum.

Sekertaris Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Canga Maluku Utara, Ferial Alwi menjelaskan, jika dilihat dari rentang waktu audit, harusnya Inspektorat sudah menyerahkan laporan hasil penghitungan kerugian negara kepada penyidik Satreskrim Polres Ternate.

"Apalagi penyidik meminta audit tersebut sudah lama, dan Inspektorat sendiri, bahkan sudah meminta keterangan saksi ahli Hukum Tata Negara, Margarito Kamis pekan lalu," ungkap Ferial, Selasa (12/9/2023).

Ferial bilang, Inspektorat sebagai instansi administrasi harusnya tunduk pada undang-undang serta memiliki prinsip keterbukaan, terutama memberikan hasil audit ke penyidik.

"Supaya Polres juga tahu yang sebenarnya, apakah bisa ditindaklanjuti sesuai hasil penyelidikan atau berpatokan pada (audit) Inspektorat. Itu yang harus diperhatikan oleh pihak Inspektorat," jelas dia.

"Intinya, inspektorat tidak harus menggantung hasil audit yang dimintai Polres. Kalaupun sampai saat ini tidak diberikan ke Polres, maka publik menilai tidak beres dalam audit tersebut,"pungkas dia.(wm-02)

Komentar

Loading...