PT Geo Dipa Energi Akan Eksplorasi Panas Bumi di Jailolo

Salah satu tim Sosial Lingkungan PT Geo Dipa Energi, Fandi Sagita

Jailolo, malutpost.id -- PT Geo Dipa Energi (Persero) akan melakukan eksplorasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Halmahera Barat, Maluku Utara.

Hal itu disampaikan salah satu tim sosial lingkungan PT Geo Dipa Energi, Fandi Sagita yang ditemui usai menggelar sosialisasi di aula Baikole kantor Bupati Halbar, Rabu (13/9/2023).

Fandi menyebut, saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi terkait kerangka perlindungan lingkungan dan sosial.

"Jadi sosialisasi ini untuk memberikan informasi bagaimana peran pemerintah daerah dan peran masyarakat terhadap persyaratan dari proses kerangka lingkungan dan sosial. Ini memang kita butuhkan dalam artian kalau kita cuma membahas tentang dukungan masyarakat dan pemerintah daerah seperti apa begitu. Nah ini adalah salah satu wadah," kata dia.

Dia menyebut, dalam sosialisasi itu tidak ada pihak yang menolak kehadiran proyek panas bumi di Desa Idamdehe Gamsungi Kecamatan Jailolo ini.

"Karena memang pada sosialisasi ini kita juga memberitahukan bahwasanya bagaimana perbedaan antara panas bumi dan gas bumi atau tambang begitu, jadi memang proyek kami ini agak berbeda dari pada yang lain. Dan saat ini tahapannya baru eksplorasi belum ke ekploitasi dan kemanfaatan," tuturnya.

Dia mengaku, untuk melakukan eksplorasi ini belum 100 persen didukung oleh masyarakat sekitar. Untuk itu dia memastikan pada tahun 2024 baru dilakukan eksplorasi proyek panas bumi tersebut.

"Kalau tahun ini belum ya. Mungkin 2024 baru eksplorasi dan ini juga tergantung masyarakat Jailolo kalau mendukung semua pasti kita lebih cepat lagi," pungkasnya. (k-01)

Komentar

Loading...