Sekjen Taufik Diundang jadi Pembicara pada 7th ASEAN – CHINA Agricultural Cooperation Forum

JADI PEMBICARA : Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, PDTT, Taufik Madjid foto bersama peserta saat menjadi pembicara pada 7th ASEAN – CHINA Agricultural Cooperation Forum di Naning, China pada 16 September 2023
GUANGXI, malutpost.id - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa (Sekjen Kemendes), Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Taufik Madjid diundang sebagai pembicara pada 7th ASEAN - CHINA Agricultural Cooperation Forum di Naning, China 16 September 2023.
Sebagai pembicara pada forum internasional, Sekjen Taufik berkesempatan memaparkan banyak hal berkaitan dengan perdesaan dan pertanian di Indonesia.
Putra Maluku Utara ini menjelaskan, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan penduduk di kota lebih banyak dibandingkan dengan desa. Secara umum, pembangunan di desa mengalami beberapa tantangan. Antara lain konektivitas intra dan antar perdesaan dengan pusat pertumbuhan; kapasitas sumberdaya manusia perdesaan yang unggul, investasi produk unggulan desa, penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna, pemanfaatan media sosial budaya untuk pembangunan perdesaan, kolaborasi dan sinergitas pembangunan perdesaan.
"Pusat pertumbuhan dan perkembangan cenderung terjadi di kota. Akibatnya tenaga kerja di desa berkurang, pembangunan di desa menjadi terhambat, dan produktivitas pertanian kian menurun. Jika dilihat dari sisi ekonomi, skala perekenomian di desa masih rendah, konektivitas dan logistik fisik terbatas, permukiman dan aktivitas masyarakat tidak terpusat pada titik-titik tertentu," jelas putra Maluku Utara ini.
Baca halaman selanjutnya...
Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...