Bawaslu Kota Ternate Jadikan Wartawan Mitra Strategis Kawal Pemilu 2024

Diskusi Komisioner Bawaslu Kota Ternate dengan wartawan di Ternate.

Ternate, malutpost.id -- Menyongsong momentum politik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Ternate, Maluku Utara bertemu dan berdiskusi dengan wartawan atau berkawan, pada Kamis (14/9/2023).

Sehubungan dengan peningkatan layanan hubungan masyarakat dan informasi Bawaslu dalam rangka menciptakan strategi komunikasi yang kuat dan menjamin adanya keterbukaan informasi yang merupakan hak warga berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2022.

"Maka Bawaslu Kota Ternate perlu meningkatkan pengelolaan kehumasan dalam pelaksanaan tugas pengawasan Pemilu melalui kegiatan Berdiskusi Bersama Wartawan atau Berkawan," kata ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan, Kamis didampingi dua komisioner lainnya, Kamis (14/9/2023).

Selain itu, menurut Kifli, dalam kontestasi demokrasi Pemilu maupun kepala daerah selalu menjadikan wartawan sebagai mitra yang paling strategis dalam proses penyelenggaraan.

"Karena kalau media itu mnjadi stagnan maka terjadi disinformasi. Kami menyadari bahwa didalam proses penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada yang namanya penyelenggara itu tidak boleh melepaskan diri dari teman-teman pers," ujar Kifli.

Karena, kata dia, ada satu asas yang telah ditetapkan dalam undang-undang bahwa pemilihan itu harus dilaksanakan secara terbuka. Terbuka itu bukan hanya pada proses penyelenggaraan tehnis yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu.

"Tetapi dalam prospek untuk memberikan edukasi terkait dengan pelaksanaan atau penyelenggara, salah satu faktor yang menjanjikan keterbukaan itu adalah teman teman wartawan," jelasnya.

"Kami berharap pada momentum Pemilu 2024 nanti kita perlu bersinergi dengan teman-teman media untuk memberikan edukasi serta informasi kepada kelompok masyarakat yang lebih luas," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...