Anak Buahnya Kuasai Aset Pemprov, Wagub Maluku Utara: Saya Tidak Tahu, Tanya ke Gubernur

Wakil Gubernur Malut, M Al Yasin.

Ternate, malutpost.id -- Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Utara (Malut), M Al Yasin Ali, mengaku tidak tahu anak buahnya, Kepala Biro Umum Setda Provinsi Malut, Jamaludin Wua menguasai aset pemerintah selama 2 tahun untuk kepentingan pribadi.

"Saya belum mengetahui penggunaan aset Pemprov oleh Karo Umum, nanti tanya saja langsung ke Pak Gubernur," ungkap Al Yasin saat diwawancarai, Kamis (21/9/2023).

Mantan Bupati Halmahera Tengah itu menegaskan, secara regulasi aset pemerintah tidak dapat dikuasai atau dijadikan milik pribadi oleh pejabat maupun mantan pejabat.

Karena itu, Al Yasin meminta pejabat yang menguasai aset pemerintah segera mengembalikan.

"Kalau jadi milik pribadi, harus ikut prosedur. Intinya, yang punya kewenangan adalah Pak Gubernur," pungkas Al Yasin.

Jamaluddin diduga menguasai sejumlah aset milik Pemprov Maluku Utara yang digunakan untuk kepentingan proyek pertambangan galian C di Kelurahan Sulamadaha, Kecamatan Kota Ternate Barat.

Sedikitnya 3 aset milik Pemprov Malut ia dimanfaatkan, mulai dari 2 unit mobil, satu di antaranya telah dimodifikasi serta genset untuk penerangan aktivitas galian C.

Dua unit kendaraan itu dengan jenis Honda HR-V diganti dengan plat hitam nomor DG 1569 KB dan truk jenis Toyota Hino merah dengan plat bodong DG 8217 KH yang telah dimodifikasi jadi truk tronton.(wm-02)

Komentar

Loading...