Klarifikasi Wakil Gubernur Maluku Utara Soal Limbah Tambang Aliri ke Sungai Sagea

Wakil Gubernur M Al Yasin Ali.

Ternate, malutpost.id -- Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali memberikan klarifikasi terkait pernyataannya yang menyarankan perusahaan tambang nikel PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) membuat saluran air sekitar perusahaan agar limbah tambang dibuang lewat sungai dan teraliri ke laut.

Wagup juga membeberkan alasanya terkait pernyataannya soal pencemaran Sungai Sagea bukan karena aktifitas tambang melainkan curah hujan yang tinggi dan menyebabkan air tanah meluap.

“Terkait pernyataan saya pada poin yang menyarankan agar PT IWIP membuang sisa-sisa galian ore melalui sungai dan seterusnya ke laut adalah benar pernyataan yang saya sampaikan ke beberapa wartawan saat ditanya persoalan tercemarnya Sungai Sagea bukan karena aktifitas tambang,”kata Al Yasin dalam rilis yang diterima malutpost.id, Senin (26/9/2023).

Wagub beralasan, pernyataan itu diungkapkan ke publik karena sampai saat ini pemerintah hanya memiliki hasil uji lab yang dikeluarkan oleh PT. Analitika Kalibrasi Laboratorium yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN.

Laporan hasil uji lab-nya, lanjut Wagub, menyatakan bahwa kualitas air di sungai Sagea tidak melewati ambang batas baku mutu lingkungan yang ditetapkan atau dengan kata lain tidak tercemar sedimen dan unsur logam.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2 3

Komentar

Loading...