Optimalkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Maluku Utara Teken MoU dengan UNIERA

Kerja sama Bawaslu Malut dengan UNIERA dalam rangka pengawasan Pemilu 2024.

Ternate, malutpost.id -- Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) menjalin kerja sama dengan Universitas Halmahera (UNIERA).

Ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Bawaslu Malut Hj. Masita Nawawi Gani dan Rektor UNIERA Dr. Herson Keradjaan di Kantor Bawaslu Malut, Sabtu (23/9/2023).

Ketua Bawaslu Malut Masita Nawawi Gani dalam sambutannya, menekankan pentingnya keterlibatan stakeholder secara bersama guna menopang pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024 mendatang berlangsung jujur dan adil.

Apalagi, Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang diluncurkan Bawaslu RI menempatkan Maluku Utara masuk kategori status tingkat kerawanan tinggi. "Maka perlu memperbanyak kerja sama, termasuk bekerjasama dengan pihak kampus," ujar Masita.

Penandatanganan nota kesepahaman ini, dimaksudkan sebagai landasan kerja sama antara Bawaslu Malut dengan UNIERA dalam upaya memperkuat langkah-langkah pengawasan pemilu dan pemlihan serentak tahun 2024.

"Harapannya, dengan kerja sama ini, masing-masing pihak secara partisipatif dapat memperkuat upaya pendidikan pemilih kepada mahasiswa dan masyarakat luas. Serta mendorong terselenggaranya pengawasan partisipatif masyarakat sebagai perwujudan pemilu dan pemilihan bermartabat," tutup Komisioner Bawaslu Malut dua periode tersebut.

Senada, Rektor UNIERA, Herson Keradjaan mengapresiasi kerja sama Bawaslu Malut. Ia berharap, hal ini dapat mempermudah sinergitas dan partisipasi dosen hingga mahasiswa UNIERA dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu nanti.

“Kami sangat bergembira dan mengapresiasi kesediaan Ibu Ketua dan seluruh anggota Bawaslu Malu atas kesediaannya menerima kami berkunjung ke kantor Bawaslu sekaligus menandatangani nota kesepahaman ini,” tutur Herson.

Untuk itu, sebagai bentuk komitmen, maka sosialisasi pendidikan pemilih dan pengawasan partisipatif di lingkungan kampus dan masyarakat serta pembentukan pojok pengawasan di kampus UNIERA, secepatnya akan direalisasi.

"Ini akan sesegera mungkin kita realisasikan.” pungkas Herson. (tr-01/pn)

Komentar

Loading...