Kadisperindag Kota Ternate Sebut Ada Lapak Barito Diperjualbelikan Antara Pedagang

Nursida Dj Mahmud

Ternate, malutpost.id -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara, Nursidah Dj Mahmud menyebut ada beberapa lapak yang diperjualbelikan oknum pedagang Barito, Jumat (6/10/2023).

Hal tersebut disampaikan Nursidah saat dikonfirmasi malutpost.id terkait penataan pedagang di kawasan pasar yang berada di Kelurahan Gamalama itu.

Nursidah mengaku, permasalahan terjadi di pasar yang hingga saat ini tidak pernah selesai karena ada praktek jual beli antara pedagang.

"Ada sebagian sudah ada tempat, jual lagi.  Itu yang bikin masalah di pasar tidak pernah selesai," kata Nursidah, saat dikonfirmasi malutpost.id, Jumat (6/10/2023).

Kata Kadis, padahal pedagang-pedagan itu sudah memiliki tempat yang disediakan pemerintah kota. Namun dimanfaatkan ke orang lain untuk dibayar dengan harga yang bervariasi.

"Ada tampa (tempat), jual di orang lain, akhirnya dorang (mereka) jualan di depan itu," sebut Kadis.

"Ada itu, kalau kita data itu banyak sekali, yang lebih tahu data-data itu petugas penagih. Tapi kita punya data pedagang ada juga," tambah Kadis.

Persoalan di pasar ia mengatakan sudah melakukan tindakan penertiban berulang kali hingga petugas dan pedagang harus saling aduh mulut.

"Mereka yang buat susah sendiri, sudah ada tempat di dalam selalu saja mau berjualan di luar," ujarnya.

Lebih lanjut Nursidah bilang, terkait jual lapak antara pedagang itu akan dilakukan pendataan kembali.

"Tetap kita data lagi, cari tau oknumnya dan langsung ditindak tegas. Jadi ada yang kasih kontrak ada yang suru bayar biar pakai selamanya," tuturnya.

"Ada saya dapat beberapa orang jual beli lapak antara pedagang dengan pedagang. Jadi nanti mau rapat untuk data kembali orang yang jual-jual tempat itu agar ada efek jera," pungkas Nursidah. (mg-12)

Komentar

Loading...