Dana 16 Kelurahan di Ternate Tengah Fokus Pembangunan, Camat Harap Transparansi dan Akuntabilitas

Yusup Djamal

Ternate, malutpost.id -- Kelurahan di Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara fokus penggunaan dana kelurahan (DK) tahap 1 pada pembangunan dan sebagian pemberdayaan masyarakat.

Camat Ternate Tengah Yusup Djamal mengatakan, DK tersebut untuk pembangunan 19 kegiatan dan dana pemberdayaan 19 kegiatan.

"Jadi jenis kegiatan DK dalam program sudah diatur. Contoh pembangunan ada sarana prasarana pembuatan sanitasi, pemasangan paving atau penerangan jalan, itu sudah termasuk 19 kegiatan," kata Yusup Djamal, kepada malutpost.id, Senin (9/10/2023).

Dia bilang, sama halnya dengan pemberdayaan, dimana dana yang didistribusi di kelurahan pada tahap pertama baru Rp 100 juta untuk setiap kelurahan.

"Dana  awal Rp 100 jutadari Rp 200 juta. Ini untuk kondisi kelurahan yang dianggap kebutuhan paling penting dan mendesak," ujarnya.

Dana yang dikucurkan pada awal September 2023 lalu itu, kata Camat diakomodir lewat program kelurahan.  Anggaran yang dikeluarkan itu berdasar pada permintaan kelurahan. "Kecamatan lebih melihat aspek kebutuhan ketika dana sampai di kelurahan," tuturnya.

Ia berharap pada Desember nanti,  program selesai.  Saat ini,  sudah ada laporan, pekerjaan sudah ada  yang rampung  80 persen.  Ini seperti Kelurahan Moya dengan pekerjaan selokan, Kelurahan Stadion dengan pemasangan pafing. "Saya berharap secara serentak kelurahan lain juga demikian, sehingga laporan masuk secepat mungkin. Harus ada transparansi, akuntabilitas pertanggungjawaban.  Artinya terealisasi dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...