Cegah Luapan Air, Saluran Air di Foramadiahi Mulai Diperlebar

Rus'an M Nur Taib

Ternate, malutpost.id -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Ternate, mulai melakukan rehabilitasi saluran di Foramadiahi, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Saluran dengan panjang 300 meter itu dibangun di RT 03 yang baru dikerjakan kurang lebih satu pekan lalu.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate Rus'an M Nur Taib mengatakan, hanya memperbaiki saluran yang sudah ada, salah satunya perbaikan gorong-gorong yang menyempit.

"Termasuk dimensi saluran yang kita perlebar, karena berdasarkan survei dan penyampaian masyarakat kalau hujan deras ada luapan air sehingga pemerintah di tahun 2023 ini perlebar saluran tersebut," kata Rus'an, saat ditemui di Foramadiahi, Kamis (12/10/2023).

"Untuk mengurangi debit, jadi kita pecah debitnya jadi beberapa titik untuk mengurangi luapan air," jelasnya

Rus'an mengatakan pekerjaan yang sudah sepekan itu progresnya baru 10 persen. Dimana ditargetkan selesai pada Desember 2023 mendatang.

"Tapi saya lihat situasi di lapangan kemungkinan tidak sampai Desember sudah selesai. Ini rehab ya bukan bangun baru," sebut Rus'an.

Proyek tersebut, kata Rus'an sesuai dengan pagu anggaran sebesar Rp 200 juta namun dalam kontrak sebesar Rp 199 juta.

"Ukuran saluran di beberapa titik sempit, jadi diperlebar kurang lebih 50 sentimeter dari lebar awal 35 sentimeter. Termasuk akan ditinggikan," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...