Mulai Tahun Depan, KM Dorolonda Bakal Singgahi Pelabuhan Jailolo

Kapal KM Dorolonda.

Jailolo, malutpost.id -- Kapal PT Pelni KM Dorolonda bakal menyinggahi Pelabuhan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, mulai 2024 mendatang.

Rencana rute pelayaran baru tersebut berdasarkan surat Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba nomor: 500.11.1/3285/G perihal bantuan pelayanan kapal Public Service Oblogation (PSO) KM. Dorolonda yang ditunjukkan kepada Menteri Perhubungan RI di Jakarta tertanggal 9 Oktober 2023 lalu.

Isi surat tersebut menjelaskan, Provinsi Maluku Utara dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor: 46 Tahun 1999 dengan batas wilayah sebelah utara dengan Samudra Pasifik, sebelah timur dengan laut Halmahera, sebelah selatan dengan laut Seram, sebelah barat dengan laut Maluku.

Dengan jumlah penduduk Maluku Utara sampai Tahun 2022 semester satu sebanyak 1.337.368 jiwa atau bertambah 38.191 jiwa dari Tahun 2021 jumlah penduduk sebagian besar berada di Pulau Halmahera.

Aktivitas mobilisasi penduduk dalam melakukan perjalanan antar provinsi selama ini masih terpusat melalui Pelabuhan Ternate dan Bandara Sultan Baabullah di Ternate yang dirasakan belum terbuka akses pelayanan penumpang melalui kapal penumpang dengan kapasitas besar, atau dengan pesawat dengan kapasitas besar di Pulau Halmahera dengan tujuan ke kota-kota besar di Pulau Jawa, Pulau Sulawesi dan atau kota lainnya secara langsung.

"Pada tahun 2023, melalui Bapak Menteri, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi pembangunan pengembangan pelabuhan Jailolo dengan sumber dana SBSN yang diperkirakan akan selesai pada Desember 2023 dengan ukuran panjang Dermaga 145 meter dan lebar Dermaga 12 meter pada kedalaman kolom -5 LWS sampai dengan -12 LWS," kata gubernur dalam surat tersebut.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...