Anggota Panwascam Ternate Barat Bakal Sanksi Berat

Asrul Tampilang. (Foto: Narto/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Bawaslu Kota Ternate, Maluku Utara, bakal memberikan sanksi tegas kepada salah satu anggota Panwascam Ternate Barat berinsial IE karena diduga melanggar kode etik. Sanksi ini baru diputuskan setelah mendengar penjelasan dari IE.

"Hari ini kami sudah layangkan surat undangan, besok (Selasa) dilakukan klarifikasi," kata Ketua Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Ternate, Asrul Tampilang, kepada malutpost.id, Senin (16/10/2023).

Asrul menjelaskan, kasus tersebut diadukan ke Bawaslu Ternate pekan lalu yang diduga bermula dari tidak harmonisnya hubungan tiga pengurus kecamatan tersebut. Kata Asrul, IE ngotot melakukan pergantian ketua hanya saja hal tersebut tidak terjadi.

"Saya dapat informasi bahwa ketiganya tidak harmonis, saya coba turun lakukan mediasi agar akur kembali.
Tapi ternyata hingga sekarang yang akur hanya dua orang anggota antara Riski dengan Julfikar," ungkap Asrul.

"Di situ pokok permasalahan sehingga keinginan dia (IE) belum tercapai akhirnya IE tidak melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya," kata dia.

Asrul berujar, sesuai hasil penelusuran yang dilakukan oleh beberapa staf di Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Ternate belum lama ini, ditemukan anggotanya yang menjabat sebagai Divisi Penanganan Pelanggaran tingkat kecamatan itu tidak melaksanakan tugas sebagai Panwascam.

"Bahwa sesuai aturan jika tidak melaksanakan tugas selama 3 bulan berturut-turut, tidak mengikuti pleno selama 3 hari berturut-turut tanpa alasan yang jelas dan melanggar etik kemudian tidak sesuai sumpah janji akan disanksi," tegas Asrul.

Hasil analisis pihaknya, mengarah pada pelanggaran berat. Namun, sanksinya baru diplenokan setelah hasil klarifikasi terhadap IE.

"Dia tidak melaksanakan tugas sebagai anggota Panwas Kecamatan selama beberapa bulan," tambah Asrul.

"Kita bekerja di bawah sumpah jadi jangan mengabaikan kewajiban sebagai seorang penyelenggara Pemilu," tegasnya mengakhiri. (mg-12)

Komentar

Loading...