Penyuluhan Harta Gonogini Dosen Fakultas Hukum Unkhair Ternate Gandeng Majelis Taklim

Kegiatan Penyuluhan oleh Dosen Fakultas Hukum Unkhair Ternate.

Ternate, malutpost.id -- Dosen Fakultas Hukum Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara, menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) penyuluhan hukum harta gonogini atau harta bersama.

Kegiatan bertemakan 'Penyuluhan Hukum Tentang Pembagian Harta GonoGini atau Harta Bersama Pasca Perceraian" itu, bekerja sama dengan Majelis Taklim Salimah di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate pada 15 Oktober 2023.

Ketua Penyuluh, Mardia Ibrahim, mengatakan, masyarakat perlu diberikan edukasi tentang permasalahan harta bersama, karena perceraian merupakan peristiwa yang terjadi dalam hidup setiap orang yang menikah karena berbagai hal.

"Seorang suami atau istri yang merasa tidak lagi bisa bertahan dalam rumah tangga akan mengajukan gugatan cerai ke pengadilan," kata Mardia Ibrahim, yang didampingi Iyam Irahatmi Kaharu, selaku anggota penyuluh, kepada malutpost.id, Senin (23/10/2023).

Kegiatan penyuluhan harta gonogini yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Mardia menjelaskan, dimana setelah putusan cerai dikeluarkan oleh Pengadilan dan berkekuatan hukum tetap tentunya ada beberapa hal yang harus diurusi. Salah satunya adalah pembagian harta bersama.

"Agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan salah satu pihak, maka masyarakat harus tau bagaimana pembagian harta bersama, seperti apa dan bagaimana dasar hukumnya," ungkap Mardia.

Ia bilang, hal yang telah dilakukan itu merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat yang juga membutuhkan pengetahuan tentang permasalahan hukum dalam konteks harta setelah hubungan suami istri secara sah melalui putusan pengadilan.(mg-12/adv)

Komentar

Loading...