Jangan Klik, WA Kepala Inspektorat Ternate Diretas, Ada Pesan ‘Undangan Pernikahan’

Inspektur Inspektorat Kota Ternate Rohani P. Mahli

Ternate, malutpost.id -- Nomor WhatsApp (WA) Inspektur Inspektorat Kota Ternate, Rohani Panjab Mahli diretas. Nomor WA 0813-5602-7xxx tersebut mengirim pesan berantai di sejumlah kontak dan WA grup ‘undangan pernikahan’ digital dengan format apk menyerupai file dokumen.

Bahkan nomor tersebut juga mengirim pesan ‘undangan pernikanahan’ tersebut di grup WA Pers dan KABINET ANDALAN pada, Selasa (24/10/2023) pukul 16.23 WIT.

Pesan tersebut langsung ditanggapi oleh Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate, Rukmini yang meminta anggota grup tersebut tidak mengklik file yang dikirim karena nomor WA-nya diretas orang tak dikenal

“Hati-hati Ibu Inspektur punya WA sudah di-hack,”tulis Rukmini.

Peristiwa nomor WA sejumlah pejabat di Kota Ternate yang diretas ini sudah sering kali terjadi. Beberapa waktu lalu, nomor WA Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy juga diretas.

Nomor WA Muhajirin juga mengirim pesan ‘undangan pernikahan’ yang jika diklik atau download maka smartphone seseorang bisa diambil alih oleh pelaku termasuk informasi di dalam HP.

Sebab, file tersebut berisi malware (program jahat) yang memudahkan pelaku mengakses HP melalui file jahat tersebut. (ikh)

Komentar

Loading...