Dinas Pangan Maluku Utara Gelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

Suasana rapat pengandallian inflansi yang dogelar Dinas Pangan Maluku Utara

Ternate, malutpost.id -- Dinas Pangan melalui Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Maluku Utara melaksanakan rapat koordinasi terkait pengendalian inflasi daerah pada Selasa (24/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Safirna Ternate itu, dari dinas pangan seluruh kabupaten/kota.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Dinas Pangan Maluku Utara, Boy Silia mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut terkait kebijakan stabilisasi pasokan dan harga pangan tahun 2023.

"Jadi hal-hal mana, itu nanti dibahas  dalam diskusi yang menghasilkan satu rekomendasi kebijakan stabilisasi pasokan," kata Boy, kepada malutpost.id, Rabu (25/10/2023).

Ia menjelaskan,  dari sisi pangan dalam rangka mengendalikan tingginya inflasi terdapat dua faktor.  Diantaranya gerakan pangan murah dan pendistribusian pangan dari wilayah surplus ke wilayah defisit pangan.

Kabid mencontohkan. Misalnya di Maluku Utara defisit pangan beras berarti membutuhkan suplai dari daerah yang surplus seperti di Makassar, itu di distribusi ke Maluku Utara yang pangannya defisit.

"Nah itu tujuan pengendalian inflasi," ujar Boy Silia.

Dalam kesempatan itu, ia mengaku untuk ketersediaan pangan hingga pergantian tahun nanti,  stok pangan beras masih mencukupi.

"Kita punya data, bulog dan ada distributor jadi semuanya cukup untuk pangan sampai akhir tahun," kata Boy mengakhiri. (mg-12)

Komentar

Loading...