Sosialisasi Pengawasan Pemilu Parsitipatif, Safrin: Perempuan Punya Peran Penting Dalam Pengawasan

Kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif di Kepsul, Jumat (3/11/2023)

Sanana, malutpost.id -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, melakukan sosialisasi pengawasan Pemilu parsitipatif, Jumat (3/11/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di Djong Soela (JS) Caffe Desa Fatcei, Kecamatan Sanana ini mengusung tema  "Gerakan Perempuan pada Pemilu 2024".

Kegiatan itu menghadirkan dua narasumber dari pemerhari perempuan yakni, Marlina Buamona selaku pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMl) Bidang Perempuan dan Anak dan Ketua KPU Kepsul, Yuni Ayuningsi Ayuba yang dihadiri oleh 20 peserta dari sejumlah organisasi kepemudaan di Kepulauan Sula.

Bidang Koordinator Devisi HP2H Bawaslu Kepulauan Sula, Safrin Titdoy, mengatakan, sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif ini bertujuan untuk menambah wawasan perempuan terkait kepemiluan dan pengawasan partisipatif.

"Sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif ini tujuan utamanya untuk melibatkan perempuan dalam pengawasan Pemilu 2024," kata Safrin kepada malutpost id (3/11/2023).

Dia menjelaskan, peran perempuan ini bukan hanya dalam konteks dapur dan lain-lain. Akan tetapi perempuan juga dapat terlibat aktif dalam pengawasan dan bisa melaporkan ketika terjadi pelanggaran Pemilu.

Untuk itu, ia berharap dengan sosialisasi ini teman-teman dari OKP-OKP perempuan dapat membantu atau turut hadir untuk meningkatkan parsitipatif dan mengedukasi masyarakat tentang menolak politik uang dan ujaran kebencian pada saat kampaye.

"Itu yang dapat kami harapkan sehingga mereka juga dapat membantu sosialisasi langsung. Karena Pemilu ini bukan hanya mikik penyelenggara dalam hal ini Bawaslu dan KPU. Akan tetapi Pemilu ini milik kita semua. Bawaslu hanya suatu struktur kelembagaan, tapi pada umumnya masyarakat juga punya tanggung jawab penting dalam proses penyelenggaraan ini, khusnya pada perempuan," pungkas dia. (mg-01/adv)

Komentar

Loading...