Peringati 10 Tahun, SKPM Halmahera Selatan Gelar Pertunjukkan Seni di Yogyakarta

WhatsApp Image 2023 11 04 at 16.00.43
Pengurus SKPM Halsel memberi hormat pasca tampilkan seni pertunjukkan di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Kamis, (2/11/2023).

Ternate, malutpost.id -- Rayakan HUT ke-10 Serikat Keluarga Pelajar Mahasiswa Halmahera Selatan (SKPM) Halmahera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menggelar pertunjukkan seni di Gedung Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Kamis, (2/11/2023).

Perayaan seni bertajuk "Kilas Balik Sasi dan Kisah Suram Kebudayaan" tersebut, merupakan rangkaian dari HUT SKPM serta mengenang dan memperkenalkan budaya leluhur agar tetap diingat oleh generasi muda khusus mahasiswa yang ada di Yogyakarta.

"Pentas seni ini menjadi satu-satunya karya seni pertunjukkan yang di tampilkan oleh organisasi daerah, ini juga bukanlah pesta-pora melainkan upaya SKPM Halsel di Yogyakarta dapat mengenang dan memperkenalkan leluhur," ungkap Gilang Arsil Pratama, Sabtu (4/11/2023).

"Dari tema kami persembahkan dalam pembukaan adalah tarian soya-soya, karena tarian ini merupakan seni tari yang sangat kental dengan perjuangan para leluhur," jelas Gilang.

Dalam pergelaran seni tari, musik dan teatrikal, para mahasiswa juga menampilkan seni berlatar belakang perang sipil atau civil war di Maluku Utara tahun 1999-2000.

"Kegiatan ini hasil dari kajian yang sudah berlangsung di SKPM Halsel selama 1 tahun terakhir untuk membuat program kajian dan riset yang berupaya untuk memahami pengetahuan masyarakat, Akademisi, Politisi, dan intelektual dalam memandang sejarah dan kebudayaan Maluku Utara," aku dia.

Gilang menambahkan, pertunjukkan dengan tema Kilas Balik Sasi dan Kisah Suram Kebudayaan bertujuan mengirimkan pesan kepada publik bahwa tanah dan kebudayaan merupakan sumber penghidupan.

"Alhamdulillah kegiatan yang berjalan sukses dan menjadi seni pertunjukkan yang pertama kali diselenggarakan oleh organisasi daerah di Yogyakarta dan ini bagian dari SKPM Halsel menunjukkan protes terhadap pemerintah daerah yang mengabaikan sejarah dan kebudayaan masyarakat lokal," tegasnya.

Sembari melaksanakan kegiatan seni pertunjukkan, Gilang serta pengurus SKPM Halsel turut kembali mengenang dan mendoakan Al-Hajj Abdurrahim Muhammad Gary Ridwan Syah yang telah meninggal dunia pada 27 Oktober 2023 lalu, pungkasnya. (wm-02).

Komentar

Loading...