Jaga Integritas, Anggota Bawaslu Kepulauan Sula Umumkan Saudara Kandungnya Jadi Caleg

Komisioner Bawaslu Kepsul, Zulfitrah Hasim.(Foto: Istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Zulfitrah Hasim, mengumumkan dirinya mempunyai saudara kandung, Aksan Hasim maju sebagai calon anggota DPRD Kepulauan Sula atau caleg dari Dapil II pada Pemilu 2024 mendatang.

Zulfitrah menjelaskan, berdasarkan peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu, anggota Bawaslu dan KPU harus mengumumkan adanya hubungan atau keterkaitan pribadi yang dapat menimbulkan situasi konflik kepentingan dalam pelaksanaan tugas penyelenggara Pemilu.

"Saya mengumumkan ini kepada publik tujuannya untuk menghindari kemungkinan adanya konflik kepentingan terhadap jabatan saya sebagai anggota Bawaslu," katanya kepada malutpost.id, Jumat (10/11/2023).

Dia menegaskan, meskipun dirinya memiliki kakak kandung caleg, akan tetapi ia tetap menjaga integritas dan tanggung jawab moral sebagai pengawas Pemilu.

"Sebagai penyelenggara pemilu, saya akan terus bekerja dengan menjunjung tinggi prinsip proporsional, menghormati nilai-nilai etika dan moral serta menjalankan tugas dengan integritas yang tinggi. Hal ini diharapkan dapat menghilangkan potensi konflik kepentingan sebagai anggota Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sula," tandas Zulfitrah.(mg-01)

Komentar

Loading...