Ada Festival Pangan Murah di Halaman Parkir Waterboom di Tanggal Ini

Ternate, malutpost.id -- Tingkatkan potensi pengembangan pangan local, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara bakal melakukan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan atau GNPIP dengan menggelar festival pangan murah.

Festival tersebut berlangsung pada, Senin 20 hingga 21 November 2023 nanti yang berlokasi di area parkir Waterboom Kota Ternate.

Kepala BI Perwakilan Maluku Utara R.Eko A. Irianto mengatakan, gerakan tersebut untuk meningkatkan potensi pengembangan pangan lokal serta mengurangi ketergantungan pada olahan pangan beras ditengah tingginya inflasi saat ini.

"Diselenggerakan festival pangan murah ini, tujuanya dalam rangka menjaga inflasi pangan kita yang saat ini tinggi, inflasi pangan kita khususnya di Kota Ternate itu sudah jauh di atas nasional," kata R Eko, kepada malutpost.id, Jumat (17/11/2023).

Dia menjelaskan, Maluku Utara memiliki tingkat inflasi relatif tinggi sebesar 4,31 persen. Untuk itu, sebagai langkah strategis dalam menghadapi potensi peningkatan tekanan inflasi yang bersumber dari beras sebagai komoditas utama, maka perlu diversifikasi pangan lokal seperti sagu, ubi dan lainnya.

"Untuk itu kegiatan ini digelar. Intinya ini meningkatkan potensi pengembangan pangan lokal di Maluku Utara, mengurangi ketergantungan pada olahan pangan beras dan mengurangi dampak inflasi pangan," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...