Gempar, Warga Baru Tahu Ternyata Ada Peninggalan Perang Dunia II di Halmahera Barat

Warga Halbar menemukan bungker peninggalan yang diduga peninggalan perang dunia ke-2

Jailolo,malutpost.id -- Masyarakat Desa Bobaneigo Madihutu, Kecamatan Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Maluku Utara, menemukan bunker peninggalan perang Dunia II milik Jepang.

Sekretaris Desa (Sekdes) Bobaneigo Madihutu Kamarudin Habibu yang dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Kamarudin bercerita, penemuan bunker itu awalnya ada program PTSL dari BPN yang turun melakukan pengukuran di desa tersebut.

"Setelah itu petugas dan beberapa masyarakat menemukan banker itu, torang (kami) penasaran akan area itu dan ramai-marai masuk di banker itu. Ternyata di dalamnya ada lobong yang cukup panjang," tuturnya, Jumat (17/11/2023).

Menurut Kamarudin, sebelum ditemukan, masyarakat tidak mengetahui kalau ada bunker tersebut . Setelah ditemukan baru mengetahui kalau di tempat itu ada semacam bekas peninggalan Jepang.
"Masyarakat tidak mengetahui kalau ada bunker peninggalan Jepang di dalam lobang tersebut," jelasnya.

Sisi lain bungker yang ditemukan di Halbar

"Ternyata setelah masuk di dalam lobang itu terlihat seperti bunker yang sudah lama ditinggalkan," kata dia.

Dia menuturkan, pihaknya akan melaporkan penemuan bunker itu ke instansi terkait guna melakukan penelitian. "Kami akan tindaklanjuti ke dinas terkait," tambahnya.

Sementara itu, Sulaiman Muda warga setempat menjelaskan, pertama kali ia menemukan bunker itu sekira pada, Jumat (10/11/2023) lalu. "Di tempat itu terlihat banyak besi tua yang diduga peninggalan perang Dunia ke II," jelasnya. (k-01)

Komentar

Loading...