Badan Pengembangan Bahasa Kemendikbud Ristek Harap Pemprov Malut Dukung Pelestarian Bahasa Daerah

Hafidz Muksin

Ternate, malitpost.id -- Sekretaris Badan Pengembangan Bahasa Kemendikbud Ristek, Hafidz Muksin berharap kolaborasi pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam menggaungkan bahasa daerah.

Hafidz kepada wartawan mengatakan, bahasa daerah di Maluku Utara harus terus tumbuh dan terlestari kepada generasi muda.

"Harus bisa terus menerus berkesinambungan agar semangat yang sudah tumbuh pada generasi muda kita akan terus berlanjut," katanya kepada wartawan usai acara puncak festival bahasa daerah, Minggu (19/11/2023).

Dia berharap, bahasa daerah jangan sampai surut dan padam. Untuk itu, lanjut Hafidz, kolaborasi dengan pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota, para akademisi, guru, siswa,  masyarakat dan para media terus digaungkan dalam semangat melestarikan bahasa daerah di Maluku Utara.

Efektivitas bahasa daerah, ia menyebut fokus dilakukan kepada siswa-siswi SD dan SMP serta guru di lingkungan sekolah terlebih dahulu.

"Karena jika di usia muda kecintaan kepada bahasa daerah, maka itu akan tertanam seutuhnya sampai dengan dia dewasa. Namun, ketika fokus kepada orang tua dan tidak mewariskan kepada generasi muda maka akan pupus," jelasnya.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...