Diduga Selewengkan Dana Desa, Kades Fukweu Diadukan  Warganya ke Inspektorat Kepulauan Sula

Muhlis Buamona saat melayangkan surat pengaduan ke Inspektorat Kepulauan Sula.

Sanana, malutpost.id – Sejumlah warga melaporkan Kepala Dasa Fukweu, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Ismail Alu ke Inspektorat Kepulauan Sual atas dugaan penyelewengan anggaran Dana Desa (DD), Selasa (21/11/2023)

Salah satu pemuda Desa Fukweu, Muhlis Buamona  menjelaskan ada sejumlah program tahun anggaran 2022-2023 yang sampai saat ini belum terealisasi. “Padahal, anggaran tahap III telah dicairkan. Itu mengapa kami laporkan ke Inspektorat,” tuturnya kepada Malutpost.id.

Mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU)  mengatakan sejumlah program yang hingga saat ini belum terealisasi seperti, peningkatan produksi peternakan ayam dengan nilai anggaran Rp 50 juta.

"Selain itu, kami juga mengadukan beberapa kegiatan yang diduga diselewengkan yakni, anggaran operasional pemerintah desa seperti ATK, honor PKPKD dan PPK dengan jumlah anggaran sebesar Rp116.280.739 dan anggaran pemeliharaan sarana prasarana kebudayaan rumah adat dan keagamaan milik desa," tuturnya.

Sementara, Rinto Buamona salah satu mahasiswa dari desa setempat meminta kepada Inspektorat Kepulauan Sula agar menindaklanjuti aduan yang mereka sampaikan. "Dan kalau boleh secepatnya," Pungkas dia.(mg-01)

Komentar

Loading...