Gelar Seminar Nasional, Bupati James Yakin Tahun Depan Banau jadi Pahlawan Nasional

WhatsApp Image 2023 11 29 at 13.29.03
Bupati Halbar James Uang memberikan cenderamata kepada salah satu sejarahwan Unkhair Ternate, Irfan Ahmad pada kegiatan seminar, Rabu (29/11/2023)

Jailolo,malutpost.id -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat, Maluku Utara, akhirnya menggelar seminar nasional pengusulan Banau Bin Alum sebagai calon pahlawan nasional pada, Rabu (29/11/2023).

Seminar nasional tersebut berlangsung di aula Bidadari Kantor Bupati Halbar yang dihadiri oleh sejarawan Indonesia Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum, sejarawan Malut Irfan Ahmad, Bupati James Uang, Wakil Bupati Djufri Muhamad, Sekda Syahril Abdulrajak, Kapala Dinas Sosial Pemprov Malut dan pimpinan OPD Halbar serta ratusan peserta dari kalangan masyarakat.

Bupati James Uang dalam sambutannya menyampaikan, Kapitan Banau Bin Alum layak ditetapkan menjadi pahlawan nasional asal Halmahera Barat oleh pemerintah pusat (Pempus).

"Karena Banau adalah salah satu dari sekian banyak tokoh bangsa yang telah mengorbankan tenaga, keringat, darah dan air mata bahkan nyawanya. Itu hanya untuk kemerdekaan Indonesia," papar James.

"Maka tugas kita sebagai kapita muda adalah melanjutkan perjuangannya untuk menjadikan Banau sebagai pahlawan nasional," tambahnya.

Politisi Partai Demokrat ini menegaskan, Pemda Halmahera Barat dengan niat yang tulus dan bertekad memperjuangkan tokoh pejuang Banau menjadi pahlawan nasional.

"Saya menitipkan harapan semoga hari ini kita akan mendapatkan data-data kajian sejarah akademik yang selanjutnya akan diproses. Semoga dalam Pemerintahan JUJUR ini perjuangan Banau menjadi pahlawan nasional bisa sukses," jelas mantan Anggota DPRD Halbar tersebut. (k-01)

Komentar

Loading...