Tahun Depan Retribusi Sampah di Kelola Kelurahan

Rizal Marsaoly
Rizal Marsaoly

Ternate, malutpost.id -- Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly harap OPD tehnis percepat sistem retribusi sampah yang telah dialihkan ke pihak kelurahan. Sebelumnya retribusi tersebut disetor ke PDAM Ake Gaale, kini dialihkan ke pihak pemerintah kelurahan.

"Retribusi sampah pembayaran masih di PDAM itu, target kita Insya Allah tahun depan sudah didelegasikan di kelurahan. Jadi pendegelasian ini, kita akan beri kewenangan penuh ke pihak kelurahan," kata Rizal, kepada wartawan, Kamis (7/12/2023).

Rizal berujar, saat ini dari bagian hukum telah mempersiapkan tata cara pungutan, sedangkan untuk nilai masih tetap sama.

Ia sangat berharap dapat maksimal di lapangan, sehingga bagi warga yang bayar retribusi langsung diangkat sampahnya.

"Ini keluh-kesah masyarakat kami jawab seperti ini. Kiranya dengan ada perubahan ini mohon OPD tehnis, DLH, pihak kecamatan juga BP2RD sebagai OPD yang mengelola retribusi dan pajak daerah bisa secepatnya berkordinasi dengan bagian hukum untuk menyiapkan regulasi dan sosialisasi," ungkap Rizal.

Rizal mengaku, akan diterapkan sekitar bulan Februari atau Maret 2024 menunggu tahapan yang perlu dilakukan, seperti regulasi kemudian disosialisasikan sehingga diketahui masyarakat. "Tahun depan mulai diberlakukan secara otomatis, maka retribusi tidak lagi berada di PDAM tinggal lurah yang stor kemudian masuk PAD," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...