Akademisi Dorong Pengadaan Laboratorium Riset tentang Mineral Kritis di Maluku Utara

WhatsApp Image 2024 01 31 at 20.05.45
Deddy Arif.

Ternate, malutpost.id -- Akademisi Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), Deddy Arif mendorong pengadaan laboratorium dan joint research untuk penelitian dan pengujian serta analisa hasil riset tentang mineral kritis.

Hal ini disampaikan Deddy, saat kuliah umum Konsulat Jendral Amerika Serikat bersama UMMU yang membahas tentang pembangunan di Maluku Utara, Rabu (31/2/2024).

"Jangan kasih kami uang, tapi kasih kami fasilitas laboratorium agar kita bisa berbuat banyak terkait hilirisasi,"ungkap Deddy.

Ini sejalan dengan peran kampus sebagai lembaga pendidikan yang harus berlandaskan data. Deddy mengatakan, untuk wilayah timur baru ada Universitas Hassanuddin Makasar yang mempunyai laboratorium yang memadai.

Meski begitu, dosen Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik itu merasa perlu dibangun di Maluku Utara agar menjadi wadah bagi potensi-potensi lokal.

"Kasihan kita karena nanti kalau berbicara tambang ujung-ujungnya dari luar yang datang kesini, dari sulawesi, jawa padahal kita juga punya potensi lokal Malut seperti di kampus UMMU,"tegasnya.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...