Akademisi Minta Jurnalis Bantu Publikasi Penelitian

WhatsApp Image 2024 02 09 at 17.51.19 e1707636049440
Mubaddilah Rafa’al. (Foto: istimewa)

Ternate, malutpost.id -- Setiap tanggal 9 Februari 2024 diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Berbagai doa dan harapan untuk seluruh insan pers yang ada di Indonesia pun berdatangan.

Akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, Mubaddilah Rafa’al mengatakan, HPN menjadi relevan jika dilihat dari konteks akademik ketika pers ikut membantu publikasi penelitian yang dilakukan akademisi.

"Ini memungkinkan peneliti untuk berbagi temuan dosen dengan masyarakat luas dan memperluas dampak penelitian dosen,"ungkapnya kepada malutpost.id, Jumat (9/2/2024).

Dosen Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam itu mengaku lewat publikasi media juga dapat membangun reputasi akademisi sebagai ahli di bidangnya masing-masing.

"Melalui publikasi teman-teman jurnalis, ini dapat membantu kami memperoleh pengakuan dan kesempatan kolaborasi dengan sesama akademisi,"kata Mubaddilah.

Dia bilang Pers juga semestinya menjadi platform untuk memfasilitasi dialog dan diskusi tentang isu-isu akademik. Melalui kolom opini atau wawancara, para akademisi dapat berbagi pandangan. "Kami sebagai dosen senang jika dimintai tanggapan atau pandangan terkait isu-isu terkini dalam dunia pendidikan dan penelitian,"tukasnya (mg-03).

Komentar

Loading...