PLN Gandeng Perusahaan Jepang Kembangkan Bisnis Energi Primer dari Gas hingga Hidrogen Hijau

WhatsApp Image 2024 02 12 at 12.52.35 e1707736874309
Penandatanganan nota kesepahaman antara PLN Energi Primer Indonesia (EPI) dengan JERA yang dilaksanakan di Bandung pada Senin (5/2/2024) dan dihadiri Direktur Legal & Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto (kedua dari kanan), Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo (kedua dari kiri), Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara (paling kiri), Direktur Gas dan BBM PLN EPI, Rakhmad Dewanto (ketiga dari kiri), Executive Officer, Head of the Platform Business Group JERA, Executive Officer, Shinsuke Nakayama, (ketiga dari kanan), dan Executive Officer, Head of LNG Origination Group JERA, Ryosuke Yamada (paling kanan).

Kerja sama ini juga mencakup pengembangan dan optimalisasi potensi amonia hijau atau biru dan hidrogen hijau atau biru untuk proyek penggantian bahan bakar fosil.

"Hidrogen hijau adalah salah satu solusi dalam menghadapi peralihan energi. Oleh karena itu, pengembangan hidrogen hijau menjadi fokus utama kami dalam usaha mempercepat transisi energi," ungkap Darmawan.

Mewakili Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN Hartanto Wibowo (paling kiri) yang didampingi Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara (kedua dari kanan) menyatakan bahwa kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kolaboratif dengan perusahaan energi terdepan dunia, terutama dalam pelaksanaan manajemen energi primer.

Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara mengatakan gas berperan sebagai substitusi BBM/solar dan batubara dalam jangka pendek dan dalam jangka menengah.

Untuk jangka panjang, gas/LNG memegang peranan penting dalam transisi energi untuk melengkapi pengembangan energi terbarukan.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, PLN EPI mengembangkan portofolio kontrak LNG dan infrastruktur midstream LNG dalam rangka mengurangi konsumsi bahan bakar minyak di pembangkit listrik milik PLN Group,” ujar Iwan.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2 3

Komentar

Loading...