2 Warga Tikep Positif Corona, Total Kasus di Malut Jadi 4 Orang

TAMBAHAN KASUS: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut saat mengumumkan adanya tambahan 2 pasien positif di Malut. (ZULKIFLI AHMAD YUSUF FOR MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id – Kasus positif corona (Covid-19) di Maluku Utara bertambah 2 orang. Pasien 03 dan 04 terdeteksi setelah hasil uji spesimen di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Sulawesi Selatan keluar, Rabu (15/4). Itu berarti, secara kumulatif sudah ada 4 kasus positif di Malut.

 

Dalam konferensi pers di Sahid Bela Hotel Ternate, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut dr. Rosita Alkatiri mengungkapkan, hasil uji spesimen diterima hari ini. Hasilnya, dari 13 spesimen yang dikirim 2 orang dinyatakan positif. Sedangkan sisanya negatif, termasuk Pasien 02. “Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara menjadi 4 orang. Selanjutnya kasus baru ini kami sebut Pasien 03 dan 04,” tutur Rosita yang didampingi Kepala Biro Protokol, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Setdaprov Malut Mulyadi Tutupoho.

 

Pasien 03 dan 04 berasal dari Kota Tidore Kepulauan. Keduanya memiliki riwayat perjalanan dari Bandung, Jawa Barat. Keduanya tiba di Malut dengan kapal dan berstatus OTG yang belakangan dinaikkan jadi ODP. Beberapa hari kemudian keduanya mengalami batuk dan di-rapid test dengan hasil reaktif.

 

Menurut Rosita, sebelum terkonfirmasi pihaknya sudah lebih dulu melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap Pasien 03 dan 04. “Sudah lakukan penyelidikan dan hari ini kami buka hasilnya dan telaah bersama Kota Tidore Pepuluan. Setelah itu dilakukan langkah-langkah. Untuk pasien 03 dan 04 sekarang ada diamankan di sini sejak beberapa hari yang lalu. Kami belum mewawnacra dokter yang merawat, jadi nanti besok kita sampaikan kondisi terbaru,” terang Rosita.

 

Sebelumnya, dua pasien lebih dulu terdeteksi positif dalam jangka waktu yang berbeda. Pasien 01 dan 02 yang merupakan ayah dan anak asal Pulau Taliabu kini sudah dinyatakan sembuh. “Untuk penularan dua kasus positif kita umumkan bahwa kasus impor dimana kasus 01 dan 02 membuktikan transmisi lokal setelah itu 02 tidak didapatkan adanya kontak erat risiko tinggi maupun sedang. Artinya 01 dan 02 memiliki kontak yang sama jadi tidak ada lagi kontak yang baru. Sehingga hasil laboratorium keluar kedua pasien sudab sembuh, langkah selanjutnya kami konfirmasi kabupaten untuk dipulangkan,” papar Rosita.

 

Secara keseluruhan, jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) di Malut hari ini sebanyak 49 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 275 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 8 orang, terkofirmasi positif 4 orang, dan terkonfirmasi sembuh 2 orang.

 

Pelaksanaan rapid test juga dilaksanakan hari ini terhadap 546 orang dan hasilnya 33 orang dinyatakan reaktif. Mereka terdiri dari 6 OTG, 9 ODP, 1 PDP dan 17 pelaku perjalanan dari daerah terpapar.(mg-05)