Hendak Pulang Kampung, Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 Diburu Petugas

DIAMANKAN: Z, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat ditemukan petugas medis di Penginapan Surya Pagi Sofifi. (ISTIMEWA)

Sofifi, malutpost.id – Z (47), pedagang di Pasar Rawajaya Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, membuat geger warga. Ini setelah ia ketahuan terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Jawa Tengah, daerah asal Z. Begitu khalayak ramai mengetahui statusnya, pada saat bersamaan Z meninggalkan Tobelo menuju Ternate untuk kembali ke Demak. Ia bermaksud mengecek langsung ke Dinkes Demak terkait statusnya yang dinyatakan positif.

 

Kepergian Z ini membuatnya dilaporkan kabur. Informasi yang beredar di media sosial lantas menempatkannya seperti buronan.

 

Informasi yang dihimpun malutpost.id, pada 25 Maret lalu Z berangkat dari Malut menuju Demak dan transit di Jakarta selama 3 hari. Pada 29 Maret ia menuju Demak. Selama 5 hari kemudian ia mengeluh sakit dan diopname di RSU Lukmonohadi Kudus pada 3 April. Ia dirawat 4 hari dengan riwayat malaria.

 

Setelah dinyatakan sembuh, Z diperbolehkan pulang. Pada 12 April ia kembali ke Desa Gosoma, Tobelo, Halut. Ia sempat didata oleh petugas Pos Tetewang Desa Tetewang, Kecamatan Kao Teluk, Halut sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

 

Selama di Tobelo, Z sudah melakukan aktivitas ke mana-mana, termasuk salat Jumat berjamaah di masjid Desa Rawajaya. Pada 17 April kemarin, Dinkes Demak melalui Puskesmas Mijen mengonfirmasi Z positif Covid-19.

 

Begitu mendapat kabar dirinya positif, Z pergi ke Ternate hendak menuju Demak untuk menanyakan langsung soal statusnya. Kepergiannya ini membuat heboh warga. Ia pun ‘diburu’ warga dan petugas medis hingga akhirnya ditemukan di Penginapan Surya Pagi Sofifi.

 

Saat berita ini diturunkan, Petugas medis dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut di Ternate tengah menjemput Z di Sofifi. Sementara 15 orang yang melakukan kontak erat dengannya di-rapid test. Hasilnya, sang istri dinyatakan reaktif dan hendak dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie di Ternate juga.

 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Halut, Deky Tawaris, saat dikonfirmasi, membenarkan hal tersebut. Menurut dia, yang bersangkutan telah keluar dari Tobelo dan dipastikan akan kembali untuk melapor ke Rumah Sakit dimana dirinya diperiksa dan menyatakan positif Covid-19. Sedangkan, untuk 15 orang keluarga telah diperiksa dan akan menjalani isolasi di Rumah Dinas Bupati yang kini dijadikan Posko Covid-19. “Tapi nanti tunggu rilis resmi dari kami. Sementara kami susun,” singkatnya.(cr-04)