Tiba di Ternate, Gugus Tugas Kudus Akui Z Positif Covid-19

PENJEMPUTAN: Pasien positif Covid-19 asal Halut tiba di Ternate. (PUTRI CITRA ABIDIN/MALUTPOST.ID

Ternate, malutpost.id – Z (47), pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, akhirnya tiba di Ternate. Z yang asli Kabupaten Demak, Jawa Tengah itu dijemput petugas gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut di Sofifi. Pasien dan rombongan penjemput tiba di Pelabuhan Residen pukul 01.20 dini hari, Minggu (19/4).

 

Petugas yang dilengkapi alat pelindung diri (APD) lengkap itu langsung membawa Z yang sehari-hari berdagang pakaian di Tobelo ke Ruang Isolasi RSUD Chasan Boesoirie. Sementara istri Z yang hasil rapid test-nya reaktif rencananya bakal dirujuk dari Tobelo, Halut pukul 4 dini hari nanti.

 

Z sebelumnya membuat heboh warga setelah petugas medis menjemputnya di kediamannya di Desa Gosoma, Tobelo, pasca terkonfirmasi positif dari Dinas Kesehatan Kudus. Z sempat dirawat di RSU Lukmonohadi Kudus, Jawa Tengah, dan belakangan dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Kehebohan terjadi lantaran petugas medis mendapati Z sudah lebih dulu bertolak ke Sofifi ketika hendak dijemput.

 

Dilansir dari idntimes.com, Gugus Tugas Kudus membenarkan adanya pasien positif Covid-19 baru yang memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta. Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus dr. Andini Aridewi mengatakan, kasus positif di Kudus bertambah. Hingga kini ada 10 orang yang dinyatakan positif corona.

 

Dia mengatakan, penambahan pasien positif yang dirawat di Kudus berasal dari Demak. Pria asal Demak itu dirawat sejak tanggal 3 April 2020. Pasien ini memiliki gejala seperti virus corona. "Hasil swab resmi dari BBTKLPP Yogya baru keluar tanggal 17 April 2020 kemarin dengan hasil positif," kata dia dalam keterangan tertulis pada Sabtu (18/4).

 

Andini menuturkan pasien positif ini sebelumnya memiliki riwayat perjalan dari Jakarta. Setelah sepulang dari Jakarta sekitar lima hari kemudian pasien memiliki gejala seperti COVID-19 dan dirawat di rumah sakit di Kudus. "Keluhan awal demam pusing lemas batuk. Riwayat pulang dari Jakarta lima hari sebelum masuk ke rumah sakit," ujar dia.(mg-05/idn)