Naik Gila-gilaan, Kasus Positif Covid-19 di Maluku Utara Jadi 12 Orang

KONPERS: Gugus Tugas Malut saat mengumumkan penambahan kasus positif Covid/19. (PUTRI CA/MALUTPOST.ID)

Ternate, malutpost.id - Jumlah Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi kembali bertambah. Bahkan jumlahnya naik tajam dari total 4 kasus menjadi 12 kasus. Hal ini diungkapkan Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Malut dr. Alwia Assagaf. "Berdasarkan hasil pengolahan data per Rabu (22/4) status kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Malut menjadi 12," ungkapnya saat konprensi pers. 

 

Alwia pun menjelaskan, sebelumnya telah dikirim 19 spesimen terduga Covid-19. "Namun pada saat ini baru terima sebanyak 16 hasil pemeriksaan dengan rincian terkonfirmasi positif 8 orang, yang negatif 8 orang. Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Malut menjadi 12 orang. Selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 05, 06, 07, 08, 09, 010, 011, dan 012," jelasnya. "Mereka berasal dari Ternate 5 orang, lalu di Tidore 1 dan Halmahera Utara 2 orang. Jadi Ternate menjadi 7, dan Tidore menjadi 3 dan Halut 2, total 12," sambungnya. 

 

Riwayat perjalanan ke-8 kasus positif Covid baru ini, kata Alwia. diantaranya ada yang peningkatan dari PDP, ada pula yang pelaku perjalanan. "Misalnya yang dari Tidore itu jamaah tablik, ada pelaku perjalanan yang datang periksa diri sendiri dan 10 hari sesudah periksa pertama di-rapid hasilnya reaktif, ini datang sukarela, kemudian dilakukan swab sesudah itu menandatanganii pernyataan karena tidak mau ditempatkan di isolasi di karantina, sehingga isolasi di rumah," terangnya.(mg-05)