Kapal Penumpang Masih Beroperasi, KSOP Tunggu Rekomendasi Pansus Jalan

Taher Laitupa

Ternate, malutpost.id - Kapal laut yang mengangkut penumpang antar kabupaten/kota di Maluku Utara hingga kini masih terus beroperasi. Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Taher Laitupa kepada awak media mengatakan, kapal laut di dalam daerah sejauh ini masih beroperasi. “Kalau dari luar daerah masuk ke Malut sudah tidak ada. Walaupun ada kapal itu mengangkut logistik, bukan penumpang,” ungkap Taher, Selasa (28/4).

 

Taher menambahkan, sesuai Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan, ada pengecualian di Pasal 13 mengatakan kecuali daerah yang sudah ditetapkan sebagai Pembatasan sosial Berskala Besar (PSBB), kapal laut pengangkut penumpang masih jalan. “Kapal laut yang mengangkut penumpang antar kabupaten dan kota sampai saat ini masih bisa, kecuali sudah di-PSBB,” jelasnya.

 

Taher juga mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat dengan Pemerintah Provinsi dan DPRD Malut melalui tim Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 direkomendasikan agar menutup sementara transportasi laut selama 20 hari. “Tapi itu baru ngomong, nanti kita lihat selanjutnya,” pungkasnya.(aby)