Ini Alasan, Mengapa Taliabu Jadi Satu-Satunya Kabupaten di Malut yang Tak Terjangkit Corona

Dr. Salim Ganiru

Ternate, malutpost.id – Kabupaten Pulau Taliabu menjadi satu-satunya wilayah di Maluku Utara yang belum terjangkit  COVID-19.  Kabupaten pemekaran Kepulauan Sula itu tetap mempertahankan kurva nol kasus hingga saat ini.

Sekertaris Kabupaten Taliabu, Salim Ganiru mengatakan, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan  COVID-19 Taliabu bersama  pos pelabuhan memperketat akses keluar masuk pelayaran di pelabuhan.  Setiap warga yang masuk harus melewati proses pemeriksaan ketat seperti menunjukan surat keterangan dokter (SKD) dan hasil rapid tes non reaktif

“Semua orang atau penumpang kapal yang datang dari luar daerah utamanya dari Sulawesi Tenggara seperti Kendari, Bau-Bau, Wakatobi,  Raha dan Luwuk Sulawesi Tengah, Sanana dan Ternate setelah tiba di Pelabuhan kami rapid tes ulang,” jelas Salim, Senin (1/5/2020).

Dia bilang, penumpang yang tidak bisa menunjukan persyaratan, tidak diperkenankan turun di Taliabu. Sementara penumpang yang tidak ber-KTP Taliabu akan dikarantina mandiri. “Sejak beberapa hari ini kami adakan rapid tes masal di pasar, Bank, jadi kami berharap bisa diterapkan tatanan kehidupan normal baru di Taliabu,” ujarnya.

Untuk pelayaran lanjut Salim, sudah dinormalkan kembali sejak Mei dengan tetap menerapkan protap kesehatan dan periksa bersyarat.”Hari ini Kapal Al Sudais masuk dari Wanci ke Sanana dan Ternate, kemudian tanggal 6 KM.  Karya Indah masuk dari Bau-Bau,” pungkasnya.

Data dari Gustu COVID-19 Malut per Ahad (31/5/2020) mencatat jumlah pasien COVID-19 di Taliabu masih nol kasus, baik pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), orang tanpa gejala (OTG) maupun positif COVID-19. Sementara data per Kamis (28/5) jumlah pemeriksaan rapid tes di Taliabu sebanyak 80 orang dengan hasil semuanya non reaktif. Tercatat Taliabu terakhir kali memiliki satu kasus orang dalam pemantauan (PDP) pada Selasa  5 Mei lalu.  (ikh)

 

-

Editor  : Ikram Salim