Penjelasan Gustu Penyebab Kasus Positif di Malut Nihil

Grafis sebaran kasus Covid-19 di Malut, Senin (8/6). (Sumber: Gustu Covid-19 Malut)

Ternate, malutpost.id - Beberapa hari pasca diumumkannya kasus positif Covid-19 pertama di Maluku Utara pada akhir Maret 2020 lalu, setiap hari terjadi penambahan kasus positif baru. Jumlah kasus positif masih tetap 186 kasus. 
 
Namun, data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut pada Senin (8/6) tidak ada pasien positif baru yang terinfeksi virus corona. 
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf mengatakan, pihaknya belum menerima hasil pemeriksaan spesimen baik melalui pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), Manado maupun pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM) di RSUD Chasan Boesoirie, Ternate.   
 
"Hari ini tidak ada penambahan kasus mungkin karena tidak ada hasil pemeriksaan baik TCM maupun PCR dari Manado," jelas Alwia. 
 
Sementara pemeriksaan dengan metode TCM di RSUD CB belum bisa dilakukan lantaran alat cartridge yang menjadi kunci untuk pemeriksaan swab habis terpakai. "Tapi tanggal 5 dan 7 juni telah dikirim spesimen ke BTKL-PP Manado," ujar Alwia. (ikh)
 
 
-
Editor : Ikram Salim