Hotel Penuh, Pasien Positif Corona di Malut Bakal Dikarantina Mandiri di Rumah

Samsuddin A Kadir

Ternate, malutpost.id – Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Maluku Utara (Malut) mendorong pasien positif corona baru kedepan akan menjalani karantina mandiri di rumah.

Sekretaris Gustu Covid-19 Malut, Samsuddin Abdul Kadir mengatakan, pihaknya tenga menyiapkan skema isolasi mandiri di rumah bagi pasien covid terutama di Kota Ternate. Tidak hanya pasien positif, pasien reaktif dengan status orang tanpa gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (OPD) juga didorong menjani karantina mandiri di rumah.

“Kita saling bahu membahu dengan gustu Ternate untuk menyiapkan lokasi karatina atau pola karantina mandiri di rumah,” kata Samsuddin kepada wartawan di posko Covid-19, Sahid Hotel, Selasa (16/6/2020).

Menurut Samsuddin, pihaknya bersama gustu Kota Ternate telah berkoordinasi terkait lokasi atau gedung yang digunakan sebagai lokasi karantina. Jika dimungkinkan pemprov menyiapkan gedung yang dikelolah oleh gustu kota. “Provinsi akan melakukan sharing dengan kota, kita siapkan tempat karatina nanti Kota Ternate yang kelolah,” katanya.

Samsuddin bilang, soal karantina mandiri butuh kesiapan masyarakat terkait prosedur tetap (protap) yang dijalani. Selain itu,  lanjut Samsuddin, kesiapan dan pemahaman warga setempat terhadap pasien yang menjalani karantina di rumah juga perlua diperhatikan. 

Sementara gedung yang bakal disiapkan menjadi lokasi karatina yakni, wisma haji, BLK dan SKB. (ikh)

 

-

Editor : Ikram Salim