Positif Bertambah Signifikan, Bambang: Tanpa Ekspansi, Anggaran Covid-19 Habis di Honor

Bambang Hermawan

Ternate, malutpost.id – Maluku Utara mencatat tambahan kasus positif Covid-19 naik signifikan terjadi pada Rabu 24 Juni 2020. Sebanyak 96 orang terkonfirmasi terpapar virus corona.  

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Malut, Bambang Hermawan mengaku terkejut dengan penambahan kasus positif baru tersebut. Dikatakannya, kurva kasus yang bertambah signifikan mesti menjadi bahan evaluasi bagi gugus tugas Covid-19 Malut.

”Jadi sekarang setelah ada pertambahan cukup mendekati seribu kita harus berhitung kembali tentang bagaimana penanganan covid, kemarin juga kita sudah rapat akuntabilitas dengan beberapa bidang koordinator,” kata Bambang.

Bambang bilang, penambahan itu juga membuat dirinya ditegur Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba dan beberapa pihak. “Saya juga ditegur karena lonjakan kasusnya signifikan,” kata Bambang.

Disinggung soal kemampuan alokasi dana penanggulangan covid yang tersisa, mantan Kepala Inspektorat Malut itu menolak berspekulasi terkait teknis penanganan. Hanya saja, kata Bambang, anggaran yang dialokasikan tersebut lebih pada ekpansasi untuk menurunkan angka penularan. ”Namanya pendanaan itukan tergantung kita ekspansi atau kita bertahan, hanya sekedar bertahan sih, paling biaya honor yang besar tapi pasien atau kasus bertambah terus, makanya kita sudah ekspansi dengan pengadaan PCR (polymerace chain reaction)” ujarnya. (ikh)

 

-
Peliput : Tim

Editor   : Ikram Salim