Alhamdulillah, Istri Gubernur Malut Sembuh

Gubernur AGK mendampingi istrinya di Hotel Sahid Bella. (ISTIMEWA)

Ternate, malutpost.id - Kurang lebih 3 pekan menjalani karantina di Hotel Sahid Bela, istri Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba, Faoniah Djauhar Kasuba, dinyatakan sembub dari covid-19. 
 
Hasil swab-nya kelima dan ke enam dinyatakan negatif. Oleh dokter, Ketua TIM PKK Malut ini kemudian diizinkan pulang ke rumahnya, pada Jumat (26/6) pagi tadi. Tampak pula Gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) menjemput kepulangan sang istri.
 
AGK menuturkan, ujian terberat yang dihadapinya bersama sang istri yang akhirnya positif covid. Namun kunci dari semua ujian itu adalah kesabaran. 
 
"Sabar itu pasti akan selesai (diberi kesembuhan). Sabar, tawakkal, dan beribadah. Selama karantina ibu selalu mengikuti anjuran dokter, minum obat, makan, dan istirahat. Bahkan ibu berzikir dan beberapa hari ini ibu bisa khatam Alquran 30 juz. Saya kira ini satu rahmat," tuturnya.
 
Covid, bagi AGK, bisa disembuhkan dengan menjaga diri sesuai protokol kesehatan. Jika ini dijaga, maka bisa sembuh. Namun jika tidak, maka masyarakat mudah terpapar. 
 
Selaku Gubernur, AGK mengucapkan terima kasih kepada tim kesehatan yang telah bekerja maksimal demi kesembuhan pasien. Meski mendapat banyak kritikan, mantan wakil gubernur ini berharap tenaga medis ini tetap sabar.
 
Sementara Faoniah bilang, kunci kesembuhan yakni menaati peraturan protokol, terutama makan dan istirahat. "Jadi makan, istirahat, dan minum obat. Disamping disiplin ini juga harus sabar, karena kesabaran inilah yang membuat saya sembuh," ujarnya, sembari meminta kepada pasien covid lainnya agar tetap sabar dan mengikuti protokol kesehatan serta beribadah.
 
"Karena penyakit ini semua ada obatnya, kecuali mati. Dan obat ini salah satunya adalah kesabaran. Dengan kesabaran, kita tenang pikiran, dan Insya Allah cepat sembuh," terangnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Malut, dr. Idhar yang mendampingi gubernur menambahkan istri gubernur di swab pada 1 dan 2 Juni 2020. Hasilnya dinyatakan positif dan kemudian mulai karantina di Sahid Bela Hotel pada 5 Juni. 14 hari setelah swab pertama dan kedua, dilakukan swab ke tiga dan hasilnya masih positif. Beberapa hari kemudian di ambil swab ke lima, hasilnya sudah negatif. 
 
"Dan hasil swab ke enam telah diterima, hasilnya juga negatif. Sehingga ibu (istri gubernur), dinyatakan sembuh dan dipulangkan. Sementara anaknya masih positif," tambahnya menutup. (cr-03)
 
 
 
-
Peliput : Mahfud Husen
Editor   : Ikram Salim