Bahaya! Kasus Positif Covid-19 di Malut Dekati 4 Digit, Kadinkes: Ternate Capai Level 5

Kadinkes Malut, dr. Idhar Sidi Umar. (Foto: Mahfud/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id - Kurva kasus positif Covid-19 di Maluku Utara belum melandai sejak kasus positif pertama diumumkan pada awal Maret 2020 lalu. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut mencatat, jumlah warga Malut yang terinfeksi virus korona mencapai 876 jiwa per Rabu 1 Juli 2020. 
 
Kepala Dinas Kesehatan Malut, dr. Idhar Sidi Umar menyatakan, jumlan kasus positif covid naik drastis. Dia mengungkapkan, data yang diperolehnya hari ini, ada 148 orang yang terkonfirmasi positif covid diantaranya 106 dari PT Nusa Halmahera Mineral (NHM), hasil tes cepat molekuler RSUD Chasan Boesorie 35 orang, dan laboratorium Prodia Ternate 6 orang. 
 
"Jadi total kasus positif sampai hari ini 876. Ini angka yang cukup besar," ungkap Idhar dalam rapat bersama tim gustu di Hotel Sahid Bella, Rabu (1/7).
 
Idhar bilang, tren penularan kasus covid di NHM ini, maka pihaknya sudah meminta dan menyurat ke perusahan-perusahaan di Malut untuk terus melakukan swab test. Ini karena aktivitas orang di perusahaan setiap hari bersentuhan. "Kita lihat di Kao dan Malifut terjadi peningkatan terus. Ini menunjukan mereka sering berinteraksi," paparnya.
 
Dikatakannya, penyebaran virus melalui transmisi lokal saat ini sudah mencapai level ke-5 di Kota Ternate, sementara daerah lain berada di level 3 dan 4. Menurut Idhar, jumlah kasus yang meningkat signifikan ini disebabkan mandeknya penerapan protokol kesehatan. 
 
"Maka dari itu, pencegahan perlu diterapkan secara tegas. Kita harus selesaikan hulunya. Ini yang kita cegah pada masyarakat. Kita harus masuk ke dalam," tandasnya. (cr-03)
 
 
 
-
Peliput : Mahfud Husen
Editor   : Ikram