Morat-marit Data Bansos, Inspektorat Malut Temukan Penerima Dobol di Empat Daerah

Ahmad Purbaya. (Foto: Mahfud/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id - Bantuan sosial (Bansos) yang tersalur di sejumlah daerah di Maluku Utara terindikasi bermasalah. Inspektorat Malut menemukan banyak data bansos 4 daerah di Malut tumpang tindih. 
 
Inspektur Inspektorat, Ahmad Purbaya mengatakan, banyak data yang tidak sinkron antara penerima dengan instansi terkait sehingga terjadi dobel saat penyaluran. "Ada potensi tumpang tindih pembagian bansos di 4 kabupaten," tuturnya.
 
Purbaya bilang, empat daerah itu yakni Halmahera Timur, Halmahera Tengah, Kabupaten Taliabu dan Kota Tidore Kepulauan yang baru ditelusuri Inspektorat. Dia mengungkapkan, hasil investigasi sementara menemukan data dobel penerima jenis bansos berbeda diantaranya melalaui APBDes dan APBD sebanyak 1429 orang terima dua kali dan 311 terima 3 kali.
 
"Jadi nanti kita mau kerjasama dengan BPKP juga untuk memastikan ini, apakah yang menerima dobel ini betul-betul warga miskin atau tidak, kalau tidak ya wajib untuk dikembalikan karena jadi temuan, tapi kalau dia miskin ya wajar juga dia terima begitu," ujarnya.
 
Menurutnya, besaran bansos yang diterima juga tidak sesuai kebutuhan sehari-hari masyarakat terutama yang hidup di pusat apalagi di tengah pandemi. Untuk itu, pihaknya masih berupaya memastikan data dari masing-masing kabupaten untuk disandingkan termasuk data miskin dari biro kesra. 
 
Purbaya juga meminta masyarakat jika menemukan adanya permasalahan pembagian bansos, baik itu bansos dari kementerian, APBD, maupun APBDes dapat melapor ke Inspektorat maupun Biro Humas. "Kalau Kesra ini sudah masuk, kita sandingkan data dan nanti lihat potensi tumpang tindihnya seperti apa. Karena kita temukan ada isu seperti itu," jelasnya.
 
Selain itu, lanjut Purbaya, KPK telah mempercayakan kepada Inspektorat untuk mengawasi penyaluran bansos. Permasalahan bansos ini, kata dia, terkait tumpang tindih, salah sasaran, atau ada kesengajaan fiktif. "Ini kita mohon info dari teman-teman sekalian. Kalau ada isu itu, tolong laporkan ke kami atau bisa juga ke aplikasi Jaga Bansos," pintanya menutup. (cr-03)
 
 
 
-
Peliput : Mahfud Husen
Editor   : Ikram