Kader HMI Kepsul Diduga Rusaki Sekretariat dan Bakar Bendera Organisasi

Atribut HMI berupa bendera organisasi dan papan organisasi yang dibakar di depan gedung Sekretariat HMI Sanana. (ISTIMEWA)

Sanana, malutpost.id – Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) tengah bergejolak. Akibatnya, ada oknum pengurus organisasi yang merusak kaca gedung sekretariat hingga pembakaran atribut dan bendera oraganisasi. Tindakan kader tersebut pun viral di media sosial. Tidak sedikit alumni organisasi hijau hitam itu mengecam aksi oknum pengurus itu.

Informasi yang diperoleh malutpost.id, peristiwa pengrusakan sekretariat HMI Cabang Sanana ini bermula saat rapat internal HMI pada, Jumat (24/7/2020) pekan kemarin.

Dalam rapat tersebut, kedua kader yakni SS dan RF mempertanyakan survei di Kepsul yang melibatkan HMI Cabang Sanana. Belakangan kedua oknum tersebut tidak dilibatkan dalam survei politik oleh salah satu lembaga nasional di Kepsul baru-baru ini. 

Di tengah rapat, keduanya berulang kali meminta alasan tidak dilibatkan dalam survei. Emosi RF tak terkendali dan langsung meruksa papan struk organisasi, disusul kaca jendala dan sejumlah fasilitas lainya. Bahkan, artibut bendahara HMI pun dibakar.

Ketua HMI Cabang Sanana, Usman Buamona, saat dikonfirmasi, Senin (27/7) membenarkan peristiwa pembakaran atribut dan pengrusakan sekretariat HMI Cabang Sanana.

Usman bilang, peristiwa ini merupakan masalah internal dan masih ada upaya penyelesaian. "Memang untuk pembakaran simbol organisasi ini merupakan tamparan keras bagi seluruh kader HMI se-Indonesia." Katanya.

Lanjut Usman, masih ada langkah-langkah penyelesaian secara kelembagaan. Dia menegaskan, jika mengacu pada Anggaran Dasar dan Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/ADRT), maka tindakan tersebut sangat tidak dibenarkan. "Kami tetap ada langkah penyelesaian walaupun nanti berakhir dengan pemecatan,” katanya.

Soal penyelesaian, lanjut Usman, akan diadakan pertemuan bersama kader HMI di Sanana. "Malam ini kita ada pertemuan dengan mantan ketua-ketua HMI Cabang Sanana dan alumni HMI di Sanana. Nanti lihat hasil pertemuan malam ini," pungkasnya. (cr-01)

 

-

Peliput : Gunawan Tidore

Editor : Ikram