Revisi Istilah, Jumlah Kasus Covid-19 di Malut Ikut Berubah

Tabel sebaran kasus Covid-19 di Malut dalam istilah baru. (Sumber: Gugus Covid-19 Malut)

Ternate, malutpost.id – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara resmi menggunakan istilah kasus korona sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Istilah ODP, PDP, dan OTG diganti dengan kasus suspek, kasus probable, pemantauan kontak erat, selesai isolasi/sembuh, kasus meninggal, dan terkonfirmasi positif.

Pergantian istilah juga berdampak pada jumlah kasus. Dari 10 kabupaten/kota di Malut hanya ada 3 daerah yang tercatat memiliki kasus untuk istilah baru, pada Ahad (2/8/2020), yakni Kota Ternate dengan 9 kasus terkonfirmasi dan 17 orang selesai isolasi/sembuh.

Kemudian, Kabupaten Halmahera Utara dengan kasus terkonfirmasi 1 orang dan kasus meninggal 1 orang, kemudian Kota Tidore Kepulauan dengan 4 kasus terkonfirmasi. Maka jumlah kasus terkonfirmasi positif hari ini 14 kasus atau total menjadi 1557 kasus.

Sementara, 7 daerah di Malut, seluruhnya tercatat nol kasus baru pada hari ini, baik kasus suspek, kasus probable, pemantauan kontak erat, selesai isolasi/sembuh, kasus meninggal, maupun terkonfirmasi positif.

“Dengan berpedoman pada Keputusan Menkes tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 revisi ke-5, maka hasil pengolahan data di pusat data dan informasi Gugus Tugas Covid-19 Malut, yang diperoleh dari Dinas Kesehatan kabupaten/kota, dengan hasil, jumlah kasus suspek 0 orang,  jumlah kontak erat 0 orang,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr. Alwia Assagaf melalui rilis yang diterima malutpost.id, Ahad (2/7/2020).

Dia bilang 14 kasus terkonfirmasi positif baru tersebut tersebar di Kota Ternate 9 orang, Tikep 4 orang, dan Halut 1 orang. Untuk kasus sembuh Covid–19, lanjut Alwia, hari ini sebanyak 17 orang, semuanya berasal dari Ternate.

”Untuk itu jumlah kasus sembuh Covid-19 sampai dengan hari berjumlah 351 0rang. Kasus meninggal hari ini juga ada tambahan 1 orang dari Halut, maka jumlah kasus meninggal menjadi 49 orang,” pungkasnya. (ikh)

 

 

-

Peliput : Tim

Editor : Ikram