Formasi Pasukan Khairun dan Babbullah di HUT-RI ke-75

Detik-detik pengibaran bendera merah putih di halaman kantor wali kota Ternate, Senin (17/8/2020). (Foto: Ikh/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id - Perayaan HUT-RI ke-75 kali ini digelar berbeda dengan sebelumnya. 

Akibat pandemi Covid-19, upacara 17-an dilakukan dengan personil terbatas. 
 
Di Kota Ternate upacara pengibaran bendera dilangsungkan di halaman kantor wali kota Ternate, berbeda dengan sebelumnya yang dilangsungkan di lapangan Salero, Ternate Utara. Seluruh peserta upacara dan tamu wajib menggunakan masker. 
 
Hanya Satu Formasi Pasukan
 
Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan, jumlah pasukan pengibar bendera (Pasikbra) juga dipangkas. Jumlah personil yang biasanya terdiri dari pasukan 17, pasukan 8, dan pasukan 45. Kali ini, hanya menggunakan formasi 8 dengan 32 pasukan terdiri dari 26 paskibra dan 10 anggota TNI/Polri. 
 
Dari jumlah tersebut akan dibagi menjadi dua yakni pasukan pengibar atau Khairun sebanyak 18 orang terdiri dari 13 anggota paskibra dan 5 anggota TNI dan penurunan atau Babullah terdiri 13 anggota paskibra dan 5 anggota Polri. Peserta juga menggunakan pelindung wajah.
 
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate Sutopo Abdullah mengatakan, pasukan pengibar bendera tahun ini dilakukan dengan protokol kesehatan dan personil terbatas. 
 
Menurut Sutopo, untuk pasukan pengibar hanya menggunakan pasukan delapan termasuk pembawa baki dan 3 petugas pengibar.  
 
"Didalamnya ada purna paskibra yang berstatus siswa dan 9 orang lainnya itu anggota paski yang diseleksi tahun ini," ujarnya.
 
Dia menjelaskan, sebelum edaran terkait pembatasan jumlah anggota paskibra, pihaknya telah melakukan seleksi. Dari ratusan mengikuti kata Sutopo, 55 orang yang terpilih. Hanya saja, pihaknya, hanya menggunakan beberapa saja. 
 
"Tetapi kita tetap memberikan penghargaan kepada mereka yang lulus seleksi, tahun depan kita mungkin akan menggunakan peserta cadangan karena 55 orang 99 persen kelas tiga, sementara cadangan itu masih kelas dua," pungkasnya.  (ikh)
 
 
 
-
Peliput : Tim
Editor   : Ikram