Perempuan Tak Layak Pimpin Kota Ternate, Merlisa Justru Singgung Kesultanan Ternate

Merlisa Marsaoly saat diwawancari awak media, Rabu (2/8/2020). (Ikh/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id – Pemilihan wali kota dan wakil wali kota Ternate tengah dirudung isu gender. Dimana, Ketua DPD Nasdem Kota Ternate Husni Bopeng dalam orasi politiknya beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa perempuan tak layak pimpin Kota Ternate.

Menanggapi itu, calon wali kota Ternate Merlisa Marsaoly menilai hal tersebut hanya isu biasa yang sengaja dibangun. Menurut Merlisa, sudah banyak pemimpin perempuan di Indonesia yang telah menjadi pemimpin dan menunjukan buktinya dalam membangun daerah.

“Kalau kita lihat aturan kan tidak ada yang melarang, terus kita bisa lihat seperti Ibu Airin (wali kota Tangeran Selatan), Risma (wali kota Surabaya),” kata Merlisa kepada sejumlah wartawan di Grand Majang Hotel, Kota Ternate, Rabu (2/8/2020).

Mantan ketua DPRD Kota Ternate itu lantas menyentil kepimpinan kerajaan Ternate yang pernah dipimpin oleh perempuan yakni Boki Rainha yang memipin pada abad ke-16. Ia lantas mengutip, kata Soekarno bahwa sejarah jangan dilupakan.

”Kalau kita lihat itu kan boki Rainha pernah pimpin kerajaan Ternate, dan Soekarno pernah bilang jangan sekali-kali melupakan sejarah,” pungkasnya. (ikh)

 

-

Peliput : Tim

Editor : Ikram