Plt Ketua Berkarya Kepsul Berulah, Zadi-Imam Batal Mendaftar ke KPU

Calon Bupati Kepsul Zulfahri Abdullah Duwila dan Ismail Umasugi saat tiba di pelabuhan Sanana. (Foto: Gunawan/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id  - Ada-ada saja Plt Ketua DPC Berkarya Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara, Ridwan Gelamona. 
 
Lantaran ulahnya tak hadir saat hendak pendaftaran, pasangan calon bupati dan wakil bupati Kepsul, Zulfahri Abdullah Duwila dan Ismail Umasugi (Zadi-Imam) akhirnya batal mendaftar ke KPU Kepsul pada hari pertama, Jumat (4/9/2020). 
 
Padahal, Paslon Zadi-Imam telah bersiap menuju KPU bersama simpatisannya. Ketidakhadiran Ridwan tanpa alasannya yang jelas. 
 
Anehnya, Kamis kemarin, Ridwan ikut menandatangani form B1.KWK Partai Berkarya bersama Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem Kepsul di kediaman Zulfahri Desa Falahu,  Kecamatan Sanana.
 
Ditundanya pendaftaran tersebut karena dalam ketentuan syarat pencalonan, harus dihadiri oleh ketua dan sekretaris partai pengusung. 
 
Sikap Ridwan dianggap merugikan Paslon Zadi-Imam. Karena itu, yang bersangkutan diadukan ke pihak kepolisian.
 
Juru bicara Zadi-Imam, Kuswandi Buamona dikonfirmasi menyampaikan, belum tahu pasti alasan Ridwan tak hadir saat pendaftaran. 
Kendati demikian, Wandi mengaku masalah tersebut telah diselesaikan secara internal.
 
"Sudah teratasi. Kami juga sudah komunikasi dengan yang bersangkutan melalui via telpon. Dan sudah ada titik terang," papar Wandi.
 
"Yang pasti besok Zadi-Imam mendaftar ke KPU," tandasnya. 
 
Ketua DPW Berkarya Malut, Burhan Husen dikonfirmasi terkait sikap Ridwan, belum merespon. Akibat peristiwa tersebut, maka tak satu pun paslon yang mendaftar ke KPU di hari pertama.
 
Sementara batas waktu pendaftaran hari pertama dan kedua hanya sampai pukul 16.00 WIT.
 
"Iya, belum ada yang mendaftar," kata Ketua KPU Kepsul Yuni Yunengsi Ayuba.
 
"Informasinya paslon Zulfahri dan Ismail yang mendaftar pada hari pertama, tepatnya jam 3 sore. Tapi karena masih ada kendala diinternal  sehingga belum bisa mendaftar," pungkas Yuni. (cr-01)
 
 
 
 
-
Peliput : Gunawan Tidore
Editor   : Ikram